Thursday, April 23, 2015

Green or Blue? Hijau atau Biru?

tl;dr: choose whichever color you like the most.

malas baca: pilih yang warnanya paling Anda sukai.

Jika anda mencari "Alkitab" di Google Play Store, anda akan mendapatkan Alkitab BIRU yang diterbitkan SABDA, dan Alkitab HIJAU yang diterbitkan Yuku.

Manakah yang asli, manakah yang lebih baik, manakah yang akan diupdate, dan manakah yang harus saya unduh? Ini menjadi pertanyaan yang kerap ditanyakan.

Pada November 2014, Google menghentikan akun Yuku sehingga akun Yuku tidak dapat dipakai untuk menerbitkan aplikasi lagi. Demi tetap memungkinkan orang-orang untuk menggunakan aplikasi Alkitab, kami menerbitkan aplikasi Alkitab melalui sebuah yayasan di Solo, yang bernama Yayasan Lembaga SABDA. Memang dari bertahun-tahun lalu kami bekerja sama dalam pengembangan aplikasi Alkitab ini.

Supaya orang-orang yang memasang Alkitab terbitan SABDA ini, jika sudah pernah memasang Alkitab terbitan Yuku, tidak bingung, maka warna ikon Alkitab SABDA diubah menjadi biru tua, agar tidak ada 2 aplikasi "Alkitab" yang persis sama penampilannya di perangkat mereka.

Selama hampir 5 bulan, Alkitab terbitan Yuku tidak muncul di Play Store, tapi atas kemurahan Tuhan, pada April 2015 akun Yuku dinyalakan kembali oleh Google. Demi membantu pemakai lama untuk upgrade ke versi terakhir (yang saat penulisan adalah 4.0.1) dari versi yang terakhir diterbitkan (3.6.1) sebelum akun ditutup, maka aplikasi Alkitab terbitan Yuku dimunculkan kembali.

Sekarang jadi ada 2 aplikasi Alkitab (tidak termasuk Quick Bible), satu berwarna biru terbitan SABDA, dan hijau terbitan Yuku. Silakan pilih yang mana saja. Bahkan Anda bisa memasang keduanya, dan jika anda memakai fitur Sync yang baru, semua pembatas buku, label, catatan, dan sorotan dapat tersimpan dan saling mengupdate antara kedua aplikasi itu.



2 comments:

  1. Shalom,
    Menurut saya ditetapkan saja salah satu diantaranya.
    Seiring berjalannya waktu nanti akan terbiasa.
    Demikian masukkan saya sebagai pengguna alkitab versi elektronik / handphone.
    Shalom.
    To God Be The Glory.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya menurut saya juga lebih baik kalau hanya satu. Tapi dalam sebulan terakhir pengguna aktif yang biru ada 390000 dan yang hijau ada 680000. Jika salah satunya dihilangkan, mungkin mereka akan bingung bagaimana mengupdate aplikasi itu.

      Delete